Selamat Datang & Terima kasih Kunjungannya, Kami Mangabarkan Selanjutnya Anda Menentukan, Menerima Artikel & Banner Promo GRATIS! Kirim ke gecor_raden@plasa.com

Drama yang menegangkan pada saat pendaratan darurat pesawat Lion Air JT 972 di Bandara Hang Nadim Batam yang disebabkan roda depan pesawat tidak keluar. Detik per detik tergambarkan melalui photo ekslusif saat-saat pesawat berputar-putar lalu mendarat serta persiapan keselamatan di Bandara.
Berikut cuplikan berita dari Media setempat yang menggambarkan ketengangan yang terjadi khususnya percakapan antara pilot(Capt Anwar) dengan Chief Air Traffic Control Bandara Hang Nadim (Indah Irwansyah dengan dibantu Captain Daniel Direktur Operasional Lion Air).

Komunikasi intensif antara ATC dan Captain Anwar dilakukan seperti biasa melalui gelombang radio komunikasi penerbangan. Adapun komunikasi dengan Captain Daniel dilakukan via telepon secara bersama-sama.

Indah Irwansyah baru memegang mikrofon ATC sekitar pukul 17.25 WIB. Ia ambil kendali ketika petugas ATC lainnya menjelaskan bahwa pesawat Lion Air yang sedianya akan mendarat melaporkan kendala serius karena roda depan pesawat tidak terbuka.

Berikut percakapan ATC Irwan dengan Captain Anwar yang diartikan dalam bahasa Indonesia .
ATC Irwan : "Lion JT972. Di sini ATC, bisa diterima?"
Captain Anwar : "Oke... Silakan..."
ATC Irwan : "Oke... Di mana posisi dan berapa ketinggian?"
Captain Anwar : "Posisi long final, ketinggian 2000 kaki."
ATC Irwan : "Lion JT972 silakan lanjut, pertahankan kecepatan, dan arahkan ke landasan pacu 04."
Captain Anwar : "Oke... oke...."
Petugas ATC secara berkala menanyakan posisi dan ketinggian pesawat.
ATC Irwan : "Boleh tahu di mana posisi dan di ketinggian berapa."
Captain Anwar : "Oke...."
ATC Irwan : "Lion JT 972 upaya telah dilakukan."
Captain Anwar : "Prosedur manual telah dilakukan."
Captain Anwar : "Saya telah coba pull up?"

Komunikasi ini berlanjut di tiap menit dan tidak terhitung jumlahnya, dan pesawat berputar-putar sebanyak 8 kali di wilayah udara Batam selama lebih dari 1 jam.

Sekitar 30 menit sebelum proses pendaratan darurat, Captain Daniel masuk melalui telepon operator. Captain Daniel menginstruksikan seluruh prosedur penerbangan, untuk pendaratan darurat.

Captain Daniel : "Coba tarik dengan kuat tuas tersebut secara manual."
ATC Irwan : "Lion JT 972, tarik sekuat mungkin tuas tersebut."
Captain Anwar : "Oke... dan sudah dicoba berkali-kali."
Sekitar 15 menit sebelum pendaratan darurat, Captain Anwar dengan suara tenang melapor dan meminta izin ke ATC untuk melakukan prosedur pendaratan darurat.
Captain Anwar : "Permintaan segera untuk mendarat."
ATC Irwan : "Landasan telah bersih dan siap digunakan."

Setelah permintaan itu, pada posisi pesawat 5 menit akan mendarat, komunikasi tidak digunakan lagi. Captain Anwar berkonsentrasi tinggi. Namun, radio komunikasi tetap hidup.
Ketika percakapan antara Indah Irwansyah dan Captain Anwar terhenti, percakapan antara Indah Irwansyah dan Captain Daniel terus berlanjut. Bahkan, Indah melaporkan detik per detik pesawat akan mendarat ke Captain Daniel.

ATC Irwan: "Oke... Captain Daniel, posisi pesawat tinggal 15 menit lagi dari landasan pacu."
ATC Irwan : "Oke... Captain Daniel, posisi pesawat tinggal 5 menit lagi."
ATC Irwan: "Oke... Captain Daniel, posisi pesawat tinggal dua detik lagi roda pesawat menyentuh landasan."
ATC Irwan : "Captain Daniel, pesawat menyentuh landasan dengan sempurna."
ATC Irwan : "Captain Daniel, percikan terlihat."
ATC Irwan : "Captain Daniel, pesawat berhenti dan kondisi terkendali."

Setelah semua berjalan lancar dan terkendali, Irwan langsung menekan tombol sirine tanda evakuasi penumpang dimulai. Upaya pemanduan Indah Irwansyah sendiri berakhir dengan terikan keras menyebut nama sang pencipta dari pusat kendali ATC, "Allahuakbar, terima kasih ya Allah."

Terlihat, dari posisi tower, pilot turun terakhir setelah evakuasi penumpang. Pilot langsung digendong beramai-ramai oleh petugas dan tim evakuasi.




19:07-19:22 WIB Pesawat sudah berputar sekitar 6 kali diatas bandara Hang Nadim untuk menghabiskan bahan bakar pesawat.. terlihat kondisi ban depan yg belum dapat berfungsi dgn baik...






20:15 Pesawat pun mendarat, disambut dgn semburan air dr pemadam kebakaran..





20:21 Proses evakuasi dilakukan.




20:27 Paramedic bersiap-siap mengantisipasi penumpang yg menjadi korban..










20:28 Tidak terdapat korban jiwa dalam accident kali ini
Luar Biasa dan Kita patut Bersyukur.

Artikel Terkait :




Posted in Labels:

0 comments:

Posting Komentar

 

Belajar Blog

Arsip Blog

Copyright (c) 2008
| Belajar Blog | Syiar Islam | CatatanGecor| Jump to TOP