Selamat Datang & Terima kasih Kunjungannya, Kami Mangabarkan Selanjutnya Anda Menentukan, Menerima Artikel & Banner Promo GRATIS! Kirim ke gecor_raden@plasa.com

leleUnik_dalam
Warga Dusun Karang Malang, Desa Karang Semanding, Kecamatan Balong Panggang, Gresik, dikejutkan dengan penemuan 2 ikan lele bertubuh bungkuk. Kedua ikan itu ditemukan warga saat membersihkan lumpur sumur telaga.

Berbeda dengan ciri ikan lele pada umumnya, kedua ikan itu memiliki keunikan tersendiri. Di bagian ekor berkelok serta punggung membungkuk menyerupai sebilah keris."Warga sini menamakan lele bungkuk," kata Sulkan (52), salah seorang warga Dusun Karang Malang, Selasa (29/9/2009).

Pada awalnya, kedua ikan lele itu ditemukan dalam waktu berbeda. Selain membersihkan sumur telaga, warga juga mencari ikan. Ikan lele yang pertama, ditemukan Negro Purwono (24). Sedang ikan lele kedua ditemukan Suwanto (48).

Sulkan menambahkan, semula warga tidak menaruh perhatian terhadap ikan lele itu. Saat ikan lele pertama ditemukan, warga mencampur ikan itu dengan ikan lele lain, yang berbentuk normal. Namun setelah ikan lele yang sama ditemukan lagi, warga mulai was-was.

Ketakutan warga itu dikarenakan sumur tempat lele ditemukan berada di dekat gundukan tanah dengan sebatang pohon yang diyakini sebagai makam Mbah Bogo.


Diyakini Jelmaan Keris Pendiri Cikal Bakal Dusun
lele1B
Sepasang lele misterius yang ditemukan warga Gresik diyakini sebagai jelmaan keris milik Mbah Bogo. Saat ditemukan, kedua badan lele itu berkelok bagai sebilah keris. Kedua lele misterius itu ditemukan warga saat membersihkan sumur yang berada di dekat sebuah gundukan tanah dengan sebatang pohon. Gundukan tanah itu diyakini warga sebagai makam Mbah Bogo.
Dalam kepercayaan masyarakat Dusun Karang Malang, Desa Karang Semanding, Kecamatan Balong Panggang, Mbah Bogo merupakan 'danyang' atau pendiri cikal bakal dusun itu.

Karena khawatir kedua ikan lele itu piaraan Mbah Bogo, warga berniat mengembalikan ke dalam sumur telaga seusai sumur dibersihkan. "Usai sumur dibersihkan, nanti akan kami kembalikan. Terlepas dari hal gaib, kami juga tidak tega melihat kedua ikan itu," kata Sulkan (52), salah seorang warga Dusun Karang Malang, Selasa (29/9/2009). Bersih sumur telaga itu, diawali dengan makan nasi tumpeng dan doa bagi arwah leluhur. Meski tidak ada yang menabur bibit ikan di sumur telaga itu, namun ratusan ikan jenis lele dan kutuk ditemukan di sumur itu.


Lele Bengkok Dijual Rp 99 Juta di Internet
Penemuan sepasang ikan lele misterius yang dijuluki lele bungkuk atau bengkok di Gresik sempat membuat heboh. Cerita pun berkembang ke arah misteri.Sepasang lele yang ditemukan warga saat bersih desa dengan membersihkan sumur di telaga Dusun Karang Malang, Desa Karang Semanding, Kecamatan Balong Panggang, Gresik ini konon jelmaan keris milik Mbah Bogo, seorang tokoh cikal bakal pendiri dusun tersebut.

Kisah itu pun mengalir dari mulut ke mulut setelah melihat kedua tubuh lele itu berkelok bagai sebuah keris. Bagi warga setempat memang menganggap hal yang aneh dengan lele tersebut. Tetapi penelusuran detiksurabaya.com di internet, Selasa (29/9/2009), ternyata juga ada orang yang memiliki lele serupa. Bahkan lele itu dijual dengan bandrol Rp 99 juta. Dalam sebuah situs iklan, si penjual yang tak mencantumkan namanya itu memajang iklan yang cukup menarik perhatian.

"di jual ikan lele lokal antik. versi doreng gurun. sahara. berbadan bengkok. panjang 30cm, bentuk ular naga/barongsai(bengkok), warna hitam putih/loreng. harga 99jt kalo ada yang minat hub; 087882232xxx". Saat dihubungi nomer telepon yang bersangkutan, gagal. Nomer yang dihubungi tidak aktif.

Di sejumlah situs iklan mini juga banyak yang menawarkan barang misteri yang menggunakan istilah lele bengkok. Misalnya, Bambu Patil Lele Bengkok Keunikannya bambu tersebut terletak pada salah satu rantingnya bercabang dua, kemudian pada bagian atas batang bambu bengkok dan alis atau ruasnya bertemu. Entah apa kelebihannya, namun yang jelas lele bengkok seolah memiliki misteri tersendiri bagi mereka yang gemar hal-hal gaib.


Sumber: Detik.com Surabaya





Artikel Terkait :




Posted in Labels:

1 comments:

Anonimmengatakan...

Saya jg pny tp warna biasa

Posting Komentar

 

Belajar Blog

Arsip Blog

Copyright (c) 2008
| Belajar Blog | Syiar Islam | CatatanGecor| Jump to TOP